Contact Disclaimer Terms of Service Privacy Policy

Minggu, 02 Juli 2017

Fathan Firdaus

Cara membuat System Restore Point di Windows 8.1

Terkadang satu-satunya cara untuk membuat Windows kita kembali menjadi semula agar performa menjadi membaik kembali adalah dengan cara menginstall ulang Windows pada komputer atau laptop kita. Memang sih cara itu sangat ampuh untuk mengembalikan performa Windows menjadi membaik kembali, tetapi akan sangat merepotkan karena kita akan melakukan instalasi Driver, Software, dan setting ulang.


Cara membuat System Restore Point di Windows 8.1

Nah, daripada dengan menginstall ulang Windows membuat repot dan ribet karena harus install Driver, Software dan setting ulang, maka kita bisa ambil jalan pintas yaitu dengan cara membuat System Restore Point. Di artikel ini saya akan memberikan tutorial Cara membuat System Restore Point di Windows 8.1 dan mungkin masih bisa di gunakan pada versi Windows 8, Windows 7, dan Windows 10 yang terbaru.

Apa itu System Restore Point dan apa yang akan berubah ketika melakukan Restore Point?

Sebelum saya melanjutkan untuk memberikan langkah-langkahnya, ada baiknya saya memberikan pengertian apa itu System Restore Point, nah jadi System Restore Point adalah fitur Windows dimana kita dapat mengembalikan keadaan Windows seperti semula ketika System Restore Point tersebut dibuat, dan tanpa install ulang Windows kita.

Apa yang akan berubah ketika kita melakukan Restore Point? Yang berubah hanyalah registry dan berbagai setting di Windows saja, dan untuk data-data personal kalian tidak akan berubah sama sekali. Tetapi untuk software yang sudah di uninstall tidak akan kembali setelah kalian melakukan Restore Point, karena Restore Point hanya mengembalikan setting pada Windows dan Registry saja.

Cara membuat System Restore Point di Windows 8.1

1. Silahkan kalian buka File Explorer dengan cara menekan tombol Windows+E.
2. Ketika terbuka File Explorer nya, silahkan klik kanan pada This PC dan pilih Properties. Maka akan terbuka window System yang ada pada Control Panel.
Screenshot 1

3. Kemudian pada System silahkan klik System protection yang ada pada sebelah kiri.
Screenshot 2

4. Setelah window System protection terbuka, silahkan klik Create untuk mulai membuat System Restore Point.
Screenshot 3

5. Silahkan isi nama Restore Point nya dan kemudian klik Create.
Screenshot 4

6. Jika sudah silahkan tunggu prosesnya dan jika berhasil maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.
Screenshot 5

Nah, begitulah tutorial Cara membuat System Restore Point di Windows 8.1, dengan adanya tutorial ini akan memudahkan kita dalam mengembalikan performa Windows kita kedalam keadaan yang kembali pulih tanpa harus menginstall ulang windows yang akan menyebabkan kerusakkan Hardisk bila terlalu sering melakukan install ulang. Dan juga menggunakan Restore Point akan menghemat waktu dan tidak perlu repot-repot menginstall Driver, Software dll.


Fathan Firdaus

Saya hanyalah seorang Blogger Indonesia biasa yang ingin berbagi pengetahuan melalui tulisan di blog ini dan mencoba untuk menjadi orang yang berguna bagi orang lain.


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright © 2018. Kompi Labs - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Labs Proudly powered by Blogger