Contact Disclaimer Terms of Service Privacy Policy

Sabtu, 29 April 2017

Fathan Firdaus

Mengatur rotasi layar Smartphnone pada Aplikasi tertentu

Smartphone Android memiliki fitur bawaan yaitu rotasi layar, dimana kita dapat leluasa mengatur rotasi layar dari landscape ke portrait atau pun portrait ke landscape. Fitur ini bisa kita aktifkan secara otomatis atau kita lock ke pengaturan portrait agar ketika kita menggunakan smartphone Android kita tidak terganggu, karena terkadang layar secara tiba-tiba merotasi secara otomatis.

Mengatur rotasi layar Smartphnone pada Aplikasi tertentu

Nah, dengan adanya gangguan itu pun terkadang kita melakukan lock rotasi ke portrait agar tidak merotasi secara tiba-tiba. Tapi apakah kalian tau bahwa ada aplikasi pengatur rotasi yang lebih berguna dan powerful daripada fitur rotasi bawaan?

Rotation Control memungkinkan kalian mengatur rotasi pada smartphone kalian, fitur lainnya adalah kalian dapat mengatur sesuka hati kalian untuk menentukan aplikasi mana yang akan kalian rotasi ketika kalian membuka aplikasi yang kalian tentukan tersebut.

Kalian tinggal download aplikasi Rotation Control di Play Store yang ada pada smartphone Android kalian. Pada Play Store terdapat dua aplikasi bernama Rotation Control dengan fungsi yang sama, tetapi kalian download yang dari developer bernama HDM Dev Team, jadi jangan sampai salah.

Kemudian kalian buka aplikasi tersebut dan switch dari off ke on maka akan muncul ikon pada action bar. Lalu masuk ke Per Aplikasi, lalu silahkan switch pada Aktifkan pengaturan per aplikasi menjadi on. Silahkan lihat screenshot dibawah agar lebih jelas.

Kemudian silahkan pilih Pengaturan rotasi per Aplikasi untuk memilih aplikasi mana yang akan dibuat rotasi ketika kalian membuka aplikasi yang telah kalian tentukan. Ketika kalian memilih aplikasi yang akan kalian set, maka kalian akan diberi opsi untuk menentukan posisi rotasi yang kalian inginkan.

Nah, setelah kalian sudah memilih aplikasi mana yang akan kalian set rotasinya, maka akan ada tanda bahwa aplikasi tersebut telah di set, disini saya menggunakan contoh aplikasi YouTube. Untuk lebih jelasnya lihat screenshot dibawah.

Jadi fitur rotasi pada smartphone Android memang sudah tersemat secara default dan bisa kalian tentukan untuk membuat rotasi otomatis atau lock ke portrait. Nah, dengan aplikasi Rotation Control maka kalian dapat menentukan pula aplikasi mana yang akan kalian set ketika dibuka.


Fathan Firdaus

Saya hanyalah seorang Blogger Indonesia biasa yang ingin berbagi pengetahuan melalui tulisan di blog ini dan mencoba untuk menjadi orang yang berguna bagi orang lain.


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright © 2018. Kompi Labs - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Labs Proudly powered by Blogger