Contact Disclaimer Terms of Service Privacy Policy

Rabu, 19 April 2017

Fathan Firdaus

5 cara menghemat RAM pada Smartphone Android

Smartphone masa kini telah memiliki spesifikasi yang sudah tidak main-main, harga serta performa yang diberikan pun tidak main-main pula, khususnya smartphone Android. Maka dari itu kita perlu biaya lebih agar dapat membeli dan menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi guna membantu keseharian kita dengan menggunakan smartphone.

5 cara menghemat RAM pada Smartphone Android

Nah, jika kalian tidak memiliki budget atau biaya yang cukup untuk membeli smartphone Android dengan spesifikasi tinggi, namun ingin smartphone yang kita punya memiliki performa yang mumpuni dalam keseharian padahal dengan spesifikasi pas-pas an, maka kalian dapat menggunakan tips 5 cara menghemat RAM pada Smartphone Android tanpa ROOT!

1. Hapus BLOATWARE atau aplikasi bawaan

Pada smartphone Android yang kita miliki pasti ada sebuah aplikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware, sedangkan aplikasi bawaan atau bloatware tersebut tidak lah terlalu penting untuk kita gunakan sehingga akan mengurangi kapasitasi memori internal pada smartphone Android kita.

Nah, maka dari itu, aplikasi bawaan atau bloatware dapat menghambat dalam keseharian menggunakan smartphone Android kita, karena selain mengurangi kapasitas memori internal, aplikasi bawaan juga akan berjalan di latar belakang sehingga akan mengkonsumsi RAM.

2. Gunakan aplikasi LITE atau Ringan

Ada banyak aplikasi yang memiliki versi lite atau ringan, aplikasi versi lite atau ringan tidak akan terlalu banyak mengkonsumsi RAM yang tersisa. Sehingga akan membuat performa smartphone Android kita menjadi stabil dan mumpuni untuk digunakan sehari-hari.

Selain tidak mengkonsumsi RAM terlalu banyak, aplikasi lite atau ringan ini juga memiliki ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar, sehingga tidak akan banyak memakan kapasitas memori internal yang tersedia. Di sisi lain, menggunakan aplikasi versi lite atau ringan juga tidak akan terlalu boros dalam penggunaan daya baterai.

3. Download aplikasi sesuai kebutuhan

Jangan terlalu memaksakan smartphone kalian yang memiliki spesifikasi pas-pas an untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat! Karena selain membuat smartphone menjadi overheat dan boros baterai juga akan membuat penggunaan RAM menjadi boros sehingga menyebabkan performa smartphone tidak stabil.

Jadi, gunakan lah aplikasi yang mana memenuhi kebutuhan kalian dalam sehari-hari. Jika ingin mendapatkan informasi berita dunia atau informasi tugas dari teman, maka kalian dapat gunakan aplikasi chatting seperti LINE. Syukur-syukur kalau menggunakan aplikasinya dengan versi LITE yang saya sebutkan di poin dua.

4. Tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang

Terkadang hal ini sering diabaikan oleh para pengguna smartphone Android pada umumnya, dan khususnya pengguna awam, sehingga hal tersebut dapat mengurangi performa pada smartphone Android yang dimiliki, ntah itu akan mengalami lag, aplikasi yang tiba-tiba force close, dan tentunya akan membuat smartphone menjadi OVERHEAT!

5. Gunakan aplikasi security

Banyak aplikasi security yang tersedia di Play Store smartphone Android kalian, yang mana akan menjaga kesehatan smartphone kalian dan menghemat seperti menghemat konsumsi daya baterai dengan cara menutup aplikasi yang berjalan, menghemat kapasitas memori internal dengan menghapus file cache yang tidak berguna dan tentunya menghemat RAM dengan fitur RAM Booster.

Nah, itu lah poin-poin untuk tips 5 cara menghemat RAM pada Smartphone Android, untuk tutorial dari poin-poin diatas akan menyusul, jadi tunggu di artikel selanjutnya, Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel pada blog saya ini.


Fathan Firdaus

Saya hanyalah seorang Blogger Indonesia biasa yang ingin berbagi pengetahuan melalui tulisan di blog ini dan mencoba untuk menjadi orang yang berguna bagi orang lain.


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright © 2018. Kompi Labs - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Labs Proudly powered by Blogger